Tidak Semua Telur Itu Sehat, Berikut Cara Membedakan Telur Ayam Sehat Dan yang Tidak Sehat...Baca Selengkapnya

loading...
Telur ayam sudah sangat akrab di kehidupan kita keseharian sebagai sumber pangan berprotein tinggi. Telur umumnya disajikan melalui cara digoreng, didadar ataupun hanya di rebus demikian saja. Telur juga adalah bahan utama dalam pembuatan bermacam type makanan seperti cake, kukis, roti dan lain sebagainya.



Cara Membedakan Telur Ayam Sehat Dan Tak Sehat

Telur yang baik dihasilkan dari ayam yang sehat. Ayam yang sehat mempunyai konsumsi gizi yang baik dari makanan yang didapatkan di peternakan. Nutrisi yang diperoleh seekor ayam akan diteruskan ke telur mereka.

Ayam-ayam yang akan lebih sehat hidup dengan leluasa mencari makan seperti serangga dan hewan kecil lainna di alam terbuka, dengan aliran udara yang segar sampai mereka dapat membuahkan telur-telur yang sehat dan berkwalitas tinggi. Tetapi ayam zaman saat ini umumnya hidup dalam kandang. Ayam-ayam ini tak memiliki cukup ruangan untuk beraktivitas, bahkan juga tidak dapat lihat matahari, makanannya yakni makanan pakan.

Lantaran telur adalah bahan makanan yang bergizi, relatif murah dan mudah diketahui jadi sebaiknya kita tahu seperti apa telur yang sehat dan baik mutunya dan yang jelek kualitasnya.

Untuk tahu Ciri-ciri telur dengan kualitas yang baik, cermati beberapa hal berikut :

1. Ketebalan Cangkang atau kulit Telur

Lihatlah cangkang atau kulit telur, telur yang baik akan memiliki kulit atau cangkang yang cukup tebal dan tak transparan dan cukup sulit untuk meretakkannya. Apabila kulit telur tampak transparan jika diketuk sangat mudah retak dan pecah bisa di pastikan telur itu jelek kualitasya

2. Warna Kuning Telur

Biasanya kita punya kebiasaan dengan warna kuning telur yang kuning terang, sebenarnya warna ini tidaklah warna yang ideal untuk kuning telur. Kuning telur ayam yang baik dan sehat idealnya berwarna oranye, makin tua warna oranyenya makin baik mutunya. Tetapi umumnya ayam yang hidup di peternakan ayam hanya makan pakan saja, jadi warna kuning telurnya lebih muda.

3. Kekentalan Kuning Telur

Coba pecahkan sebutir telur, perhatikan kuning telurnya. Kuning telur yang sehat dan baik akan merasa lebih kental waktu disentuh, kuning telur juga terlihat lebih solid dan terlihat bulat sedikit cembung. Kuning telur yang mudah pecah dan bercampur dengan putih telur waktu telur dipecahkan menandakan telur berkwalitas buruk.

Suatu laporan dari Oxford Journal mencatat bila penambahan mengkonsumsi ayam dari beta karoten tingkatkan jumlah beta karoten yang ada di telur-telurnya. Journal of Agricultural Food Chemistry mengklaim bila peningkatan kandungan DHA dalam pakan ayam memengaruhi omega-3 asam lemak yang diketahui dalam telur-telurnya.

Apabila menginginkan telur-telur dengan kwalitas prima, Anda bisa pelihara ayam sendiri, atau peroleh telur segera dari peternak yang membiarkan ayamnya berkeliaran di alam bebas dan dibudidayakan lewat cara organik, tanpa ada pakan. sintetik ataupun suntikan hormon.

Telur dengan kwalitas baik dan sehat apabila diolah akan menghasilkan makanan dengan kwalitas baik dan bergizi tinggi.

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...
loading...

0 Response to " Tidak Semua Telur Itu Sehat, Berikut Cara Membedakan Telur Ayam Sehat Dan yang Tidak Sehat...Baca Selengkapnya "

Posting Komentar